Tentang BJM

STATUS

Sejalan dengan Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan PP 152 Tahun 2000, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) serta berdasarkan komitmen Rektor Universitas Trisakti untuk menjamin mutu pen-didikan, maka dengan SK Rektor No. 057/USAKTI/SKR/III/2006 tanggal 13 Maret 2006 dibentuk Badan Pusat Pengembangan Jaminan Mutu Universitas Trisakti atau disingkat BPPJM Usakti. BPPJM berkewajiban  memberikan jasa publik terkait dengan kondisi mutu sistem pendidikan di Universitas Trisakti.
 

LATAR BELAKANG

Pada dasarnya, jaminan mutu di perguruan tinggi berorientasi ke dalam (inward looking) - yaitu pada aspek per-baikan (improvement orientation); dan juga berorientasi ke luar (outward looking) pada aspek fungsi kemasyarakatan (public function)nya.
 
Dalam pembinaan dan pengembangan serta penerapan sistem penjaminan mutu, Universitas Trisakti memilih pendekatan FEE (Facilitating, Empowering and Enabl-ing), dan berdasarkan Pedoman Penja-minan Mutu Pendidikan Tinggi Departe-men Pendidikan Nasional Direktorat Jen-deral Pendidikan Tinggi 2002, Sistem Pernjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) DitJen Pendidikan Tinggi DepDikNas RI 2008.  

Badan Pembinaan dan Pengembangan Penjaminan Mutu (BPPJM) bertugas  melaksanakan peran universitas dalam pembinaan dan pengembangan serta pe-nerapan sistem penjaminan mutu di semua unit pelaksana kegiatan aka-demik dan non-akademik termasuk da-lam melaksanakan pelayanan akade-mik dan pelayanan administrasi.